Sales Forecasting

Menganalisis dan mengestimasi penjualan (sales forecasting) merupakan kegiatan pemasaran yang sangat penting bagi keberhasilan suatu usaha. Perencanaan – perencanaan perusahaan seperti: Perencanaan strategis, bisnis, pemasaran, anggaran dan produksi disusun berdasarkan estimasi penjualan ini.

Ketidaktepatan estimasi penjualan atau penetapan target penjualan yang dilakukan tanpa melihat proyeksi pertumbuhan pasas jelas akan mengakibatkan pemborosan dan menimbulkan kerugian. Apabila prediksi penjualan terlalu besar, biaya produksi akan membengkak dan seluruh investasi yang ditanamkan menjadi kurang efisien. Sebaliknya, jika prediksi penjualan terlalu kecil, perusahaan akan kehilangan penjualan, mengalami stock out atau kehabisan penjualan, dan menghadapi tekanan persaingan akibat menurunnya pangsa pasar.

Buku ini memaparkan secara komprehensif, cara menganalisis dan melakukan perhitungan yang dibutuhkan dalam menyusun estimasi penjualan yang tepat. Dengan menggunakan teknik forecasting yang yang disajikan dalam buku ini, perusahaan akan dapat merencanakan kapasitas produksinya secara lebih optimal untuk mengantisipasi perubahan persaingan di masa yang akan datang dan dapat memanfaatkan hasil forecasting tersebut untuk membuat rencana kapasitas produksi serta anggaran yang fleksibel.

Penerbit Gramedia Pustaka Utama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s