Pelatihan Intensif Dua Hari

Mengukur dan Menganalisis Kepuasan Pelanggan Berdasarkan ISO Seri 9000

HOTEL LUMIRE (d/h ASTON)**** Jakarta, 28 Feb dan 1 Maret 2013

measuring customer satisfaction

Workshop Leader: Dr. Freddy Rangkuti MSc (MD FRAI CONSULTING)

Pelatihan intensif selama dua hari mengenai MENGUKUR & MENGANALISIS KEPUASAN PELANGGAN Berdasarkan ISO Seri 9000 ini, bermanfaat untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Manfaat lainnya adalah peserta dapat membuat Strategi Pemasaran dan Competitive Positioning, serta mengimplementasikannya ke dalam program pemasaran berikut Key Performance Indicator berdasarkan Standar ISO seri 9000.

 

Workshop ini didesain secara khusus untuk peserta dari berbagai kategori industri sehingga dapat dengan mudah diterapkan, karena kenyataannya saat ini tidak ada lagi perbedaan antara produk dan jasa. Konsumen tidak lagi memilih apakah ingin membeli produk atau jasa. Yang ingin dibeli konsumen adalah sejauh mana produk/jasa tersebut dapat memberikan manfaat buat mereka.

 

Keuntungan lain dari kehadiran berbagai latar belakang industri peserta, diharapkan pelatihan ini menjadi penuh warna dan menarik, sebab masing – masing peserta dapat saling belajar dan berinteraksi memahami kekuatan, kelemahan dan keberhasilan penerapan strategi pemasaran pada masing – masing perusahaan sesuai dengan keinginan pasar.

 

Benefit:

Manfaat dari mengikuti pelatihan intensif ini adalah peserta dapat:

  1. Mengetahui Indikator – Indikator Survey Kepuasan Pelanggan Berdasarkan Standar ISO Seri 9000
  2. Menganalisis persepsi konsumen terhadap produk/program/jasa yang diberikan
  3. Mengetahui perubahan perilaku konsumen
  4. Melakukan survei, data entry, data processing, serta analisis menggunakan SPSS secara mudah dan cepat.
  5. Mengukur Key Performance Indicators.
  6. Menyusun laporan pemasaran yang efektif dan mempresentasikan laporan tersebut secara menarik
  7. Mengimplementasikan hasil riset kepuasan pelanggan untuk meningkatkan loyalitas konsumen dengan Action Plan program – program pemasaran yang  tepat berdasarkan standar ISO seri 9000.

 

Pelatihan ini juga didesain secara praktis dengan menggunakan studi kasus dengan data riil, mulai dari menentukan indikator penting berdasarkan standar ISO Seri 9000, melakukan analisis, serta membuat strategi untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan, menyusun strategi positioning, sampai cara menyusun program action plan yang kreatif.

 

Karakterisik perilaku konsumen di Indonesia, sangat cepat berubah dan pembosan. Contohnya banyak produk/program/jasa yang booming sebentar tetapi cepat mati. Untuk mengatasi masalah ini diperlukan research kepuasan pelanggan yang baik dan benar, sehingga perusahaan dapat mengetahui keinginan pasar, menguasai pasar dan meningkatkan penjualan.

 

Alasannya adalah tidak semua pelanggan potensial memiliki kebutuhan yang sama, mencari produk yang sama, atau dipengaruhi oleh program marketing yang sama. Perusahaan harus menentukan karakteristik segmen pasar serta menentukan segmen pasar yang paling sesuai bagi produk/jasanya sendiri. Disinilah peran analisis kepuasan pelanggan menjadi sangat signifikan.

 

Selain itu dengan memiliki kemampuan analisis kepuasan pelanggan yang kuat, perusahaan dapat umeningkatkan kreativitas dan inovasi secara terus menerus kedalam segmen pasar yang dilayani. Fokus kepada segmen pasar yang dilayani, akan menciptakan program –  program yang lebih kreatif dan akan melahirkan dukungan pelanggan yang loyal. Program/Produk/jasa yang didukung oleh konsumen yang loyal akan menciptakan gelombang besar menjadi trendsetter.

 

 

Materi/Schedule:

 

Hari 1:

Sesi 1: Strategi dan Isu – Isu Marketing melalui survey kepuasan pelanggan berdasarkan Standar ISO seri 9000

Sesi 2: Menentukan Metode dan Membuat Desain Riset, Kuesioner, Teknik Wawancara & FGD

Sesi 3: Mengukur efektivitas strategi dan program marketing menggunakan KPI (Key Performance Indicators)

Sesi 4: Teknik tabulasi data, proses, analisis dan simulasi computer menggunakan SPSS

 

Hari 2:

Sesi 1: Teknik dan Metode pengukuran kepuasan pelanggan berdasarkan standar ISO seri 9000:

  • Cara pengukuran
  • Variabel pengukuran
  • Analisis hasil pengukuran
  • Tingkat akurasi hasil pengukuran
  • Analisis data mengenai Index Kepuasan Pelanggan

Sesi 2: Menyusun strategi peningkatan kepuasan pelanggan meliputi:

  • Strategi pelayanan pelanggan
  • Strategi untuk meningkatkan dan mempertahankan kualitas core business.
  • Strategi komunikasi yang tepat kepada pelanggan.
  • Strategi peningkatan proses bisnis internal.
  • Strategi positioning

Sesi 3: Evaluasi hasil survey dan analisis kepuasan pelanggan

  • Materi indicator yang dievaluasi
  • Metode evaluasi
  • Metode pelaporan hasil evaluasi

Sesi 4: Case Study:  Menyusun Action Plan & Program yang kreatif  berikut implementasi teknik untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan berdasarkan standar ISO seri 9000.

 

Who Must Attend

Participants of this training are top and middle management from marketing department, marketing research, operational, production and post staff, strategic programming and production, AE programming, marketing and sales,  advertising sales, sales services and planning,  business development, customer service and other department which related with programmes and customer services.

 

About Workshop Leader

Dr. Freddy Rangkuti is one of Indonesia experts particularly at Strategic Business & Marketing. He has been involved with lot of experience researches, as a trainer and consultant partner for more than 20 years, either in or aboard. He also had joined with various multinational and local company such as, ASTRA, SEMEN GRESIK, JASA RAHARJA, PLN, TELKOM, PERTAMINA, CALTEX, KELOMPOK KOMPAS GRAMEDIA (KKG), SINAR MAS GROUP, TRANS CORP, PERSI, ADB, Swisscontact, Pemerintah Daerah, BUMN, and any other private company (telco, banking, property, electronics, multimedia, education, hotel). He writes 24 best seller books that published by Gramedia Group. Some of  them is “Riset Pemasaran” (10TH Edition) and Marketing Strategy & Competitive Positioning.

 

FORMULIR PENDAFTARAN

Kepada Yth:

Bp/Ibu: …………………………………………..

 

 

PELATIHAN INTENSIF DUA HARI

MENGUKUR & MENGANALISIS KEPUASAN PELANGGAN Berdasarkan ISO Seri 9000

 

Hotel Lumire Jakarta (d/h Aston Atrium) ****, 28 Feb & 1 Maret 2013 (Kamis & Jumat)

 

Pembicara: Dr. Freddy Rangkuti MSc (MD. FRAI CONSULTING)

Dengan mengikuti pelatihan intensif ini peserta akan mendapat dua keuntungan sekaligus yaitu:

  1. Dapat membuat powerful customer satisfaction research secara cepat dan tepat.
  2. Dapat mengimplementasikan hasil research tersebut untuk menyusun Strategi Meningkatkan Kepuasan & Loyalitas Pelanggan, berikut Action Plan Program.

Peserta akan memperoleh training kit, sertifikat, 2 x coffee break dan 1 x lunch setiap harinya, buku Mengukur Kepuasan Pelanggan, dan Free Membership FRAI Community selama satu tahun dengan fasilitas Free E-books, Free Consultation dan Free International Journal.

 

FORMULIR PENDAFTARAN (Mohon diisi dengan huruf cetak)

Nama Lengkap: 1.
  2.
  3.
Jabatan 1.
  2.
  3.
Perusahaan:  
Alamat:  
Telepon:  
Fax:  
Contact Person:  

 

Investasi: Rp 4.000.000 pe rorang

Peserta dari satu perusahaan yang mengirim 3 orang atau lebih, mendapat discount 10%

 

Biaya ditranfer ke Bank BCA Graha Kirana, AC. 638 00 43 368,

atas nama Ir. Siti Haniah

Informasi Lebih Lanjut, Hubungi:

Global Media dengan Ir. Hani Siti Haniah

Telp. 021 – 45844790; 0818 88 2451; 0813 1072 0661, Fax: 021-45844790

Leave a comment

Filed under Cara Mudah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s