2 Day Workshop Batch 38, Marketing Research untuk Menyusun STP by Dr. Freddy Rangkuti (Pakar Strategi Bisnis & Marketing Indonesia)

Pelatihan Intensif Dua Hari, Batch ke 38

MARKETING RESEARCH: untuk Menyusun Segmenting, Targeting dan Positioning

HOTEL LUMIRE (d/h ASTON)**** Jakarta, 8 dan 9 November 2012

Workshop Leader: Dr. Freddy Rangkuti MSc (MD FRAI CONSULTING)

Pelatihan intensif selama dua hari mengenai MARKETING RESEARCH untuk Menyusun Segmenting, Targeting dan Positioning ini, bermanfaat untuk mendongkrak penjualan. Manfaat lainnya adalah peserta dapat membuat Strategi Pemasaran dan Competitive Positioning, serta mengimplementasikannya ke dalam program pemasaran berikut Key Performance Indicatornya.

 

Workshop ini didesain secara khusus untuk peserta dari berbagai kategori industri sehingga dapat dengan mudah diterapkan, karena kenyataannya saat ini tidak ada lagi perbedaan antara produk dan jasa. Konsumen tidak lagi memilih apakah ingin membeli produk atau jasa. Yang ingin dibeli konsumen adalah sejauh mana produk/jasa tersebut dapat memberikan manfaat buat mereka.

 

Keuntungan lain dari kehadiran berbagai latar belakang industri peserta, diharapkan pelatihan ini menjadi penuh warna dan menarik, sebab masing – masing peserta dapat saling belajar dan berinteraksi memahami kekuatan, kelemahan dan keberhasilan penerapan strategi pemasaran pada masing – masing perusahaan.

 

Benefit:

Manfaat dari mengikuti pelatihan intensif ini adalah peserta dapat:

  1. Menganalisis persepsi konsumen terhadap produk/program/jasa yang diberikan
  2. Mengetahui perubahan perilaku konsumen
  3. Melakukan survei, data entry, data processing, serta analisis menggunakan SPSS secara mudah dan cepat.
  4. Mengukur Key Performance Indicators.
  5. Menyusun laporan pemasaran yang efektif dan mempresentasikan laporan tersebut secara menarik
  6. Mengimplementasikan hasil riset pemasaran untuk meningkatkan loyalitas konsumen dengan program – program pemasaran yang  tepat.

 

Pelatihan ini juga didesain secara praktis dengan menggunakan studi kasus dengan data riil, mulai dari membuat strategi segmentasi, menentukan target market, melakukan analisis dan menyusun posisioning, sampai cara menyusun program pemasaran yang kreatif

 

Karakterisik perilaku konsumen di Indonesia, sangat cepat berubah dan pembosan. Contohnya banyak produk/program/jasa yang booming sebentar tetapi cepat mati. Untuk mengatasi masalah ini diperlukan marketing research sehingga dapat disusun segmenting, targeting dan positioning (STP). Penyusunan STP merupakan kewajiban bagi setiap perusahaan agar dapat menguasai pasar dan meningkatkan penjualan. Alasannya adalah tidak semua pelanggan potensial memiliki kebutuhan yang sama, mencari produk yang sama, atau dipengaruhi oleh program marketing yang sama. Perusahaan harus menentukan karakteristik segmen pasar serta menentukan segmen pasar yang paling sesuai bagi produk/jasanya sendiri. Disinilah peran analisis segmentasi, targeting dan positioning menjadi sangat signifikan.

 

Selain itu dengan memiliki STP yang kuat, perusahaan dapat umeningkatkan kreativitas dan inovasi secara terus menerus kedalam segmen pasar yang dilayani. Fokus kepada segmen pasar yang dilayani, akan menciptakan program –  program yang lebih kreatif dan akan melahirkan dukungan pelanggan yang loyal. Program/Produk/jasa yang didukung oleh konsumen yang loyal akan menciptakan gelombang besar menjadi trendsetter.

 

 

Materi/Schedule:

Hari 1:

Sesi 1: Mendesain dan mengimplementasikan powerful marketing research

Sesi 2: Membuat desain riset untuk marketing

Sesi 3: Metode survey/kuantitatif dan focus group discussion (FGD)/kualitatif

  • Alat ukur yang digunakan
  • Analisis kuantitatif: Deskriptif dan inferensial
  • Analisis Kualitatif: FGD dan teknik analisis data kualitatif

Sesi 4: Membuat desain kuesioner dan pedoman wawancara

  • Formulasi variable dan operasionalisasi variable
  • Cara membuat desain kuesioner: pilot test dan mempersiapkan field support
  • Pedoman melakukan wawancara secara optimal

 

Hari 2:

Sesi 1: Teknik tabulasi data, proses, analisis dan simulasi computer menggunakan SPSS

Sesi 2: Mengukur Key Performance Indicators

Sesi 3: Teknik membuat laporan marketing: Cara membuat interpretasi dan mengoptimalkan communication skills  yang efektif dan Teknik membuat presentasi marketing yang menarik

Sesi 4: Studi kasus:

  1. Segmentasi: Cara membuat segmentasi menggunakan cluster analysis
  2. Targeting: Cara memilih dan  menentukan target market  yang tepat
  3. Positioning: Cara membuat perceptual mapping dan membuat diferensiasi
  4. Program Pemasaran: Cara membuat program pemasaran yang kreatif

Who Must Attend

Participants of this training are top and middle management from marketing department, marketing research, operational, production and post staff, strategic programming and production, AE programming, marketing and sales,  advertising sales, sales services and planning,  business development, customer service and other department which related with programmes and customer services.

About Workshop Leader

Dr. Freddy Rangkuti is one of Indonesia experts particularly at Strategic Business & Marketing. He has been involved with lot of experience researches, as a trainer and consultant partner for more than 20 years, either in or aboard. He also had joined with various multinational and local company such as, ASTRA, SEMEN GRESIK, JASA RAHARJA, PLN, TELKOM, PERTAMINA, CALTEX, KELOMPOK KOMPAS GRAMEDIA (KKG), SINAR MAS GROUP, TRANS CORP, PERSI, ADB, Swisscontact, Pemerintah Daerah, BUMN, and any other private company (telco, banking, property, electronics, multimedia, education, hotel). He writes 22 best seller books that published by Gramedia Group. Some of  them is “Riset Pemasaran” (10TH Edition) and Marketing Strategy & Competitive Positioning.

 

PELATIHAN INTENSIF DUA HARI  (Batch ke 38)

MARKETING RESEARCH untuk Menyusun Segmenting, Targeting dan Positioning

 

Hotel Lumire Jakarta (d/h Aston Atrium) ****, 8 & 9 NOVEMBER  2012

 

Pembicara: Dr. Freddy Rangkuti MSc (MD. FRAI CONSULTING)

Dengan mengikuti pelatihan intensif ini peserta akan mendapat dua keuntungan sekaligus yaitu:

  1. Dapat membuat powerful marketing research secara cepat dan tepat.
  2. Dapat mengimplementasikan hasil marketing research untuk menyusun Strategi Segmenting, Targeting dan Positioning, serta Menyusun program pemasaran dengan Key Performance Indicators

Peserta akan memperoleh training kit, sertifikat, 2 x coffee break dan 1 x lunch setiap harinya, buku Marketing Strategy & Competitive Positioning, Majalah DUIT, dan Free Membership FRAI Marketing Community selama satu tahun dengan fasilitas Free E-books, Free Consultation dan Free International Journal.

 

FORMULIR PENDAFTARAN (Mohon diisi dengan huruf cetak)

Nama Lengkap: 1.
  2.
  3.
Jabatan 1.
  2.
  3.
Perusahaan:  
Alamat:  
Telepon:  
Fax:  
Contact Person:  

 

Investasi: Rp 4.000.000 pe rorang

Peserta dari satu perusahaan yang mengirim 3 orang atau lebih, mendapat discount 10%

 

Biaya ditranfer ke Bank BCA Graha Kirana, AC. 638 00 43 368,

atas nama Ir. Siti Haniah

Informasi Lebih Lanjut, Hubungi:

Global Media dengan Ir. Hani Siti Haniah

Telp. 021 – 45844790; 0818 88 2451; 0813 1072 0661, Fax: 021-45844790, email: haniglmedia@yahoo.com

Leave a comment

Filed under Cara Mudah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s