New Book: SWOT BALANCED SCORECARD

Alat ukur yang paling banyak digunakan dalam dunia usaha saat ini adalah Analisis SWOT dan Balanced Scorecard. Freddy Rangkuti menggabungkan dua model populer tersebut menjadi kekuatan baru yang berdampak sangat dahsyat terhadap strategi dan kinerja perusahaan. Penggunaan kedua alat ukur ini secara sinergis akan menghasilkan kecepatan dan kemudahan dalam memantau dan mengendalikan jalannya suatu bisnis.

Dalam buku ini, pembaca tidak hanya sekedar mempelajari teori, tetapi juga diajak langsung mengimplementasikan SWOT Balanced Scorecard. Buku ini membumikan SWOT Balanced Scorecard dengan berbagai contoh kasus agar mudah diikuti oleh pembaca awam sekalipun. Anda juga akan menemukan beragam contoh kuesioner, seperti Kuesioner Riset SWOT Balanced Scorecard Development Tool, Kuesioner OCAI, Kuesioner Riset SWOT, serta contoh kasus pengukuran risiko.

Anda akan dipandu untuk menterjemahkan visi, misi, strategi dan program korporat ke dalam seperangkat ukuran yang tepat. Semua ukuran tersebut disusun secara komprehensif dan terintegrasi dengan tujuan strategis, sasaran strategis, target dan Key Performance Indicators.

Judul buku: SWOT Balanced Scorecard. Teknik menyusun strategi korporat yang efektif plus cara mengelola kinerja dan risiko

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Harga: Rp 65.000

11 Comments

Filed under Buku Karya Dr. Freddy Rangkuti, Home

11 responses to “New Book: SWOT BALANCED SCORECARD

  1. resti

    Assalamualaikum pak freddy..
    salam kenal..

    saya sudah baca buku bapak tentang SWOT BSC ini dan bermaksud untuk menggunakannya sebagai tools untuk men-design problem solution di skripsi saya..

    namun, ada beberapa hal yang ingin ditanyakan seputar SWOT BSC ini:
    1. apa yang menjadi pertimbangan bapak dalam membuat kuesioner survei SWOT BSC ini?dan apakah kuesioner ini bisa mewakili data yang akan diperoleh?
    2. bagaimana caranya mengumpulkan jawaban responden dalam menjawab pertanyaan kuesioner survei SWOT BSC yang sifatnya terbuka dimana dalam hal ini responden diberi kebebasan dalam menjawab pertanyaan. selain itu, jawaban responden ini juga akan menjadi indikator untuk kuesioner riset swot.
    3. menurut bapak, apa beda strategi yang diperoleh dari kuadran strategi analisis swot dengan strategi yang dihasilkan dari matrik tows?

    sekian pertanyaan dari saya pak..
    terimakasih
    wassalam..

    nb: saya juga sudah mengirim pertanyaan via email bapak

    • Salam kenal kembali.
      Terimakasih emailnya, jawaban pertanyaan:
      1. Kuesioner tersebut dapat dipakai, namun dengan melakukan modifikasi. Caranya adalah: dengan melakukan wawancara kepada direksi/pimpinan (minimal 3 orang) untuk mengklarifikasi faktor – faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman apa saja yang dihadapi perusahaan. Setelah itu baru dibuat kuesioner.
      2. Untuk analisis hasil kuesioner adalah:
      a. hitung bobot dan rating, lalu hitung score IFAS dan EFAS, kemudian masukkan dalam digram IE Matrik (contoh lebih detail dapat dilihat dalam buku saya berjudul Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis, penerbit Gramedia Pustaka Utama).
      b. Selain mengunakan diagram IE Matrik, dapat juga digunakan space matrik dan Grand Strategi matrik (semuanya ada di buku Analisis SWOT di atas).
      c. Indikator – indikator kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dipakai untuk membuat matrik TOWS.
      d. Hasil kesemua analisis tersebut di atas, dibuat Strategic Formulation,
      e. Pilih prioritas strategi jangka pendek, menengah dan panjang untuk disusun menjadi program kerja.
      3. Evaluasi kinerja adalah dengan membandingkan rencana dan realisasi
      4. Sedangkan penentuan KPI di dasari pada program – program kerja yang telah disusun sebelumnya.
      Mudah-mudahan bermanfaat.
      Success for you
      Wassalam

  2. Alaikumsalam, salam kenal kembali.
    Terimakasih pertanyaannya. Metode SWOT BSC dapat dipakai untuk mengukur kinerja lembaga dan pemerintah. Kebetulan contoh kasusnya ada di dalam buku ini. silakan dipelajari, mudah-mudahan bermanfaat. Success for you

  3. Annisa

    Salam kenal Pak,
    Saya mahasiswi jur Sistem Informasi yang kebetulan sedang mengambil skripsi pembangunan BSC utk salah satu instansi pemerintahan. Kebetulan saya sedang mencari buku SWOT Balanced Scorecard tetapi blm ketemu. Saya ingin mendiskusikan bgmn pembangunan bsc. Pembangunan bsc saya bahas dalam skripsi saya menggunakan Nine Step Success BSC dimana tahap pertama adalah Assessment dimana penjelasan singkatnya adalah assesment of organization’s mission, vision, value, challage, and enabler . Yang ingin saya diskusikan dengan Bapak, yg dimaksud proses assessment disini sebenarnya apa? mengindetifikasi visi, misi, dan analisis SWOT, atau apa? dan untuk menghasilkan apa?

    Terima Kasih

    • Salam kenal kembali Annisa,
      Proses assessment yang dimaksud adalah evaluasi kembali visi, misi nilai yang sudah dimiliki perusahaan apakah semua hal ini masih konsisten dengan kondisi yang ada saat ini. Apabila suatu organisasi belum memiliki hal tersebut, maka perlu disusun terlebih dahulu. Untuk mengetahui apakah nilai – nilai organisasi sudah sesuai dengan budaya organisasi yang diinginkan dapat dilakukan survei OCAI. Contoh kuesioner dan caranya di bahas di buku SWOT BSC. Mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih.

  4. Rizki Juliana

    assalamualikum, salam kenal bapak freddy…

    saya mahasiswa jurusan sistem informasi akan menyusun skripsi tentang penerapan BSC di intsansi pemerintah Museum, saya masih bingung untuk penerapan BSC dalam kuisioner analisis swot yang nanti akan digunakan. dan masih mencari langkah-langkah yang baik bagaimana langkah” yang baik untuk menerapkan BSC di dalam instansi pemerintah dan semoga dapat pencerahan dari bapak.

    terima kasih….

    • Allaikumsalam Rizki,
      Langkah pertama adalah menentukan indikator KPI untuk museum tersebut. Contohnya dari perspektif keuangan: apa indikator revenue atau pendapatan yang dapat dievaluasi kinerjanya. Customer: apa indikator kepuasan pengunjung. Internal proses: apa indikator proses kecepatan pelayanan, pemeliharaan berbagai fasilitas museum, serta perbaikan internal. Learning & Growth: apa indikator peningkatan SDM, sistem informasi dan sebagainya.Setelah indikator kPI ditentukan, selanjutnya disusun cara perolehan data baik primer maupun sekunder. Data primer diperoleh dengan menggunakan survey (misalnya menggunakan kuesioner, FGD), sedangkan data sekunder menggunakan evaluasi data time series.Mudah-mudahan bermanfaat. Salam kenal kembali, Success for you

  5. Assalamu’alaikum wr. wb. salam kenal pak freddy..
    Saya akan membuat penelitian tentang BSC di Lembaga Pendidikan atau sekolah katakanlah SMP/MTs. Saya juga sudah punya referensi buku tentang BSC satu diantaranya buku bapak BSC SWOT. Yang masih jadi ganjalan di pikiran saya bagaiamana BSC yang mulanya diterapkan diperusahaan (profit) diterapkan di sekolah (non-profit). Walaupun saya belum paham benar konsep BSC namun saya memang tertarik untuk menggunakan model BSC dalam penelitian saya. Mohon pencerahannya langkah-langkah yang harus saya tempuh. Karena dalam buku bapak lebih ke perusahaan bukan lembaga pendidikan.
    Trims.

    Wahid Kebumen

    • Alaikumsallam Mas Wahid,
      Pada prinsipnya BSC dipakai untuk semua jenis industri. Untuk lembaga pendidikan (yang non profit), indikatornya yang berbeda. Contohnya persektif keuangan, laba diganti dengan pendapatan. Begitu juga perspektif pelanggan, diganti dengan kepuasan siswa, kepuasan orang tua, kepuasan guru dan sebagainya. Langkah pertama untuk menyusun BSC adalah dengan menentukan indikator – indikatornya terlebih dahulu, mudah-mudahan bermanfaat. Success for you.

  6. merry

    assalamualaikum,.. saya mahasiswi yang sedang menyusun tesis, penelitian saya tentang strategi pengembangan usahatani dengan menggunakan analisis swot. kira2 untuk kuisioner yang tepat apakah dengan metode balanced socecard atau paired comparison,..terus terang saya bingung dan masih belum jelas tentang keduanya.mohon penjelasannya.terima kasih sebelumnya

    • Alaikumsalam, menyusun strategi pengembangan usahatani sebaiknya menggunakan Analisis SWOT. Contoh kusionernya ada di buku saya, judulnya Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis edisi terbaru. Mudah-mudahan bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s