Kuesioner Riset Analisis SWOT

Kuesioner RISET ANALISIS SWOT.

Dalam menangkap aspirasi kita semua agar organisasi kita menjadi semakin bertambah baik sesuai dengan Visi dan misi organisasi, maka diperlukan riset SWOT.

Kuesioner ini dibuat untuk merumuskan strategic planning, dan menentukan prioritas strategi. Untuk mendukung hasil yang komprehensif, kuesioner ini wajib diisi oleh semua karyawan yang ada dalam suatu organisasi.

Tujuan utama dari hasil pengolahan kuesioner ini adalah:

  1. Menganalisis dan mengklasifikasikan secara kuantitatif factor internal dan eksternal yang mempengaruhi bisnis suatu organisasi.
  2. Menganalisis factor pendorong (key success factor) , memetakannya dan mendefinisikan strategi berdasarkan pemetaan tersebut.
  3. Melihat berbagai alternative kebijakan yang mungkin dilakukan berdasarkan peluang dan ancaman ke depan berikut alternative solusinya
  4. Hasil dari kuesioner ini adalah angka. Setiap pertanyaan yang dijawab oleh responden dalam bentuk skala akan dihitung, sehingga diperoleh sebuah angka tertentu. Dengan metode rata – rata kita akan mendapatkan rincian factor – factor internal (S-W) dan eksternal (O –T). Setelah itu kita akan mengetahui kuadran hasil pengolahan dengan menghitung jumlah setiap factor yang telah dikalikan dengan tingkat urgensinya. Kuadran inilah yang berfungsi sebagai peta strategy (strategic map). Berdasarkan pemetaan ini, kita dapat menentukan rumusan prioritas strategi yang selanjutnya akan diformulasikan (strategic formulation).

KUESIONER RISET SWOT

Profil Responden:

Nama Responden:

Divisi/bagian:

Email dan nomor HP:

Apakah Anda bersedia dihubungi? (beri lingkaran pada salah satu jawaban):

(1) ya                  (2) Tidak

Isue Strategis:

Sebutkan masalah utama yang saat ini sedang dihadapi oleh organisasi ini?

………………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………..

_____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Riset SWOT

Pada bagian ini terdiri dari dua bagian yaitu:

1.     Kondisi internal, tujuannya untuk mendapatkan factor – factor yang menjadi kekuatan dan kelemahan organisasi ini.

2.     Kondisi eksternal, tujuannya untuk mendapatkan factor – factor yang menjadi peluang dan ancaman organisasi ini.

Cara pengisian:

a.     Penilaian kondisi saat ini. Responden diminta untuk menilai kinerja organisasi saat ini

b.     Penilaian urgensi. Responden diminta untuk menilai tingkat urgensi factor tersebut untuk ditangani. Penilaian ini berhubungan dengan skala prioritas dalam menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi.

Acuan pengisian kuesioner ini adalah sebagai berikut:

Penilaian kondisi saat ini:                          Penilaian Urgensi Penanganan:

Angka 1 = sangat kurang                                 Angka 1 = tidak urgen

Angkat 2= kurang                                           Angka 2 = kurang urgen

Angka 3= cukup                                             Angka 3 = urgen

Angka 4 = agak baik                                        Angka 4 = sangat urgen

Angka 5 = baik

Angka 6 = sangat baik

Catatan

Sebaiknya indicator yang ditanyakan dalam riset SWOT ini diperoleh berdasarkan hasil kuesioner yang diperoleh dari analisis Kuesioner SWOT Balanced Scorecard Development Tool yang terdapat pada Bab 2 Buku SWOT BALANCED SCORECARD (Freddy Rangkuti, Gramedia Pustaka Utama).

Contoh menyusun Kuesioner Riset SWOT

Sebutkan 5 sampai 10 indiaktor kekuatan yang ada di perusahaan ini

No Indikator 

KEKUATAN

Penilaian kondisi saat ini Urgensi Penanganan
1 1 2 3 4 5 6 1 2 3 4
2
3
4
5
6
7 Anda diminta untuk menyebutkan minimal dua factor kekuatan  lainnya lagi, yang saat ini dimiliki organisasi ini: 

…………..

………….

No Indikator 

KELEMAHAN

Penilaian kondisi saat ini Urgensi Penanganan
1 1 2 3 4 5 6 1 2 3 4
2
3
4
5
6
7
7 Anda diminta untuk menyebutkan minimal dua factor kelemahan  lainnya lagi, yang saat ini dimiliki organisasi ini: 

…………..

…………..

No Indikator 

PELUANG

Penilaian kondisi saat ini Urgensi Penanganan
1 1 2 3 4 5 6 1 2 3 4
2
3
4
5
6
7 Anda diminta untuk menyebutkan minimal dua factor peluang  lainnya lagi, yang saat ini dimiliki organisasi ini: 

…………..

………….

No Indikator 

ANCAMAN

Penilaian kondisi saat ini Urgensi Penanganan
1 1 2 3 4 5 6 1 2 3 4
2
3
4
5
6
7 Anda diminta untuk menyebutkan minimal dua factor ancaman  lainnya lagi, yang saat ini dimiliki organisasi: 

…………..

………….

Solusi untuk Action Plan

Anda diminta untuk sumbangsaran, menyebutkan minimal tiga alternative program kerja (action plan) yang harus dilakukan oleh organisasi ini, sehingga permasalahan yang dihadapi saat ini dapat diminimalisir:

No Program Kerja (Action Plan) Tujuan Caranya 

(inisiatif strategi)

1  

 

2  

 

3  

 

4  

 

5  

 

Terimakasih

25 Comments

Filed under Cara Mudah

25 responses to “Kuesioner Riset Analisis SWOT

  1. Intan Aji, Mahasiswi tingkat akhir asal Universitas Pancasakti, Fakultas Ekonomi Program studi Manajemen Perusahaan. Saya meminta ijin untuk bisa menjadikan ini sebagai bahan acuan saya menyelesaikan skripsi saya. sebelumnya saya sudah meminjam buku perpustakaan karya Freddy Rangkuti, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Karena buku tersebut hilang, saya mencoba mencari melalui internet. Saya sangat tertolong sekali dengan Analisis SWOT yang diterangkan dalam buku tersebut. Terimakasih.

  2. Agi

    Salam Pak Freddy Rangkuti
    Saya Agi, mahasiswa Teknik Industri tingkat akhir. Saya ingin menanyakan sesuatu mengenai kuesioner untuk analisis SWOT seperti diatas.
    Apakah kuesioner tersebut hanya untuk kalangan internal perusahaan saja?
    Apakah boleh apabila kuesioner tersebut ditujukan untuk konsumen?
    Terima kasih.

    • Salam kembali Mas Agi, terimakasih pertanyaannya.
      Kuesioner tersebut boleh saja ditujukan kepada kalangan eksternal, tetapi desain pertanyaannya harus dibuat pertanyaan yang bisa dijawab oleh responden. Success for you

  3. Agi

    Maaf Pak saya bertanya lagi.
    Setelah kuesioner telah dilakukan, dan telah didapatkan nilai-nilai kondisi saat ini maupun urgensi penanganan. Nilai-nilai tersebut diapakan lagi? ada cara hitung khusus untuk meresume hasil penilaian tersebut hingga menjadi sebuah matriks TOWS atau bagaimana?
    Apabila ada cara-cara yang lebih detail agar saya dapat mempelajarinya. Di buku Bapak yang mana ya??
    soalnya dalam buku SWOT BALANCED SCORECARD saya tidak dapat menemukannya.
    Terima kasih..

    • Pembahasan mengenai Analisis SWOT yang lebih detail ada di buku saya yang lain yaitu: “Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis” Penerbit Gramedia Pustaka Utama. Terimakasih

      Free E-Books, find the answer of your marketing questions, participate in our citizen journalism, and develop business contacts with other members.

      Dr. Freddy Rangkuti MSc http://www.fraiconsulting.com

      ________________________________

      • alexandra tienintha

        Selamat pagi/siang/sore/malam Pak Freddy…
        saya Alexandra, mahasiswa tingkat akhir yang sedang menulis skripsi mengenai analisis SWOT. Kebetulan saya mengambil judul ANALISIS SWOT BERDASARKAN BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) PRODUK JASA INTERNET SPEEDY.
        saya memakai kuesioner. Saya berencana untuk menjadikan konsumen serta dari pihak internal Telkom sebagai responden saya, tetapi saya menemui kesulitan dalam membuat kuesioner tersebut. Terlebih lagi saya memakai kuesioner tertutup dengan skala likert. Pertanyaan saya adalah apakah bisa kuesioner SWOT ini memakai kuesioner tertutup dengan skala likert? dan apakah kuesioner tersebut harus melewati dahulu uji validitas?

        Terima kasih pak…

      • Terimakasih pertanyannya Alexandra, Kuesioner SWOT boleh saja digunakan secara tertutup. Namun demikian pertanyaan-pertanyaannya perlu dilakukan FGD terlebih dahulu kepada beberapa orang setingkat pimpinan/manager/supervisor, sehingga kita yakin bahwa indikator – indikator kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman tersebut memang perlu ditanyakan kepada responden.Uji Validitas dan Reliabilitas dilakukan biar lebih menyakinkan bahwa semua pertanyaan yang akan diajukan memiliki persepsi yang sama.

  4. Ayudia

    Selamat siang Pak Freddy, saya setuju apa yg dikatakan Intan krn kebetulan saya juga menggunakan buku bapak untuk acuan penelitian skripsi saya.
    Namun, ada yg saya ingin tanyakan. Apakah bisa/boleh kuesioner SWOT diisi oleh hanya satu orang, dalam hal ini Direktur perusahaan, dikarenakan berbagai keterbatasan dan kompetensi karyawan/buruh yang minim.
    Saya sangat berharap Bapak dapat menjawab pertanyaan saya. Terima Kasih

    • Terimakasih emailnya Ayudia, analisis SWOT adalah analisis yang bersifat subyektif yang dikuantifisir sehingga menjadi obyektif. Untuk itu jawaban analisis SWOT dilakukan oleh beberapa orang. Dalam kasus sebagaimana yang Ayudia sebutkan, sebaiknya pertanyaan dibuat sederhana, sehingga banyak orang yang bisa menjawab pertanyaan tersebut. Atau kalau ada keterbatasan kompetensi karyawan, kita dapat melakukan analisis sendiri menggunakan data sekunder misalnya data dari laporan keuangan (neraca, laba-rugi, cashflow dsb) serta data -data sales, produksi, sdm. Hasil analisis tersebut dikonfirmasi kepimpinan melalui FGD (focus group disscussion) dengan beberapa direksi. Selanjutnya semua proses dan hasil analisis tersebut dilampirkan. Intinya adalah setiap indikator yang digunakan dalam analisis SWOT harus dibuktikan dengan dukungan lampiran data. Salam.. Success for you.

  5. rika manurung

    salam pak freddy rangkuti .. saya rika anak manajemen pemasaran, saya mau bertanya apa indikator-indikator analisis swot ??

    • Salam kembali Rika,
      Indikator SWOT pada prinsipnya di bagi 2 yaitu Variabel Internal dan Eksternal. Var Internal diperinci lagi yaitu kekuatan dan kelemahan. Sedangkan Variabel Eksternal diperinci peluang dan ancaman. Contoh kuesioner SWOT ada di buku SWOT Balanced Scorecard, mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih.

  6. GraciaRori

    Selamat siang, pak.. nama saya Gracia, mahasiswa tingkat akhir .. Saya mau tanya tentang kuesioner analisis swot. Dalam menentukan pertanyaan tentang faktor internal dan eksternal apakah responden yg mengisi kuesioner tersebut hanya dr pihak konsumen atau dr pihak internal perusahaan juga? saya agak bingung dlm menentukan pertanyaannya.. Mohon dijelaskan, pak.. Terima kasih banyak sebelumnya :)

  7. choirul

    siang pak , nama saya choirul , saya anak teknik mesin yang sedang mengambil mata kuliah managemen industri. saya pernah membaca buku business pland teknik membuat rencana bisnis dan analisis kasus nah mengenai analisis kasusnya oke bangat pak namun mengenai pland bisnisnya masih kurang paham pak menegnai hal mendasar kalau ingin mendirikan suatu pland bisnis harus menentukan strateginya, nah misalkan saya ingin mendirikan suatu usaha bengkel apakah saya dapat menganalisis strategi dengan analisis SWOT ini ?? kemudian kepada siapa riset analisis SWOT ini di berikan? terimakasih banyak pak

    • Yth Mas Choirul, Analisis SWOT dapat dilakukan untuk menyusun strategi. Contoh untuk strategi bengkel yang akan didirikan adalah:
      1. Mencari informasi mengenai faktor – faktor eksternal (peluang dan ancaman) seperti pesaing, harga lahan, demand, keamanan, dsb.
      2. Mencari informasi mengenai faktor – faktor internal (kekuatan dan kelemahan) seperti finansial, sdm, keahlian, hobby dsb.
      3. Melakukan analisis SWOT untuk membuat strategic formulation
      4. Membuat program – program action plan untuk mencapai tujuan.
      Mudah-mudahan bermanfaat.

  8. Selamat siang bapak Freddy Rangkuti..
    Pak saya melakukan penelitian tetang tingkat kinerja penyuluh..
    (Bukan strategi peningkatan kinerja penyuluh). nah sama dosen pembimbing saya di suruh menggunakan ANalisis SWOT, jujur saya kebingunan. karena saya selama ini memahami SWOT untuk strategi.
    pertanyaan saya .. apakah bisa SWOT digunakn untuk mengetahui tingkat kinerja penyuluh… dengan mengidentifikasi IFAS dan EFAS, kemudian sampai ke matrik IE saja.

    • Selamat siang juga Khoirotulmukaromah,
      Penelitian mengenai tingkat kinerja penyuluh tujuannya adalah:
      1. Mengevaluasi kinerja penyuluh
      2. Menyusun strategi dan program untuk meningkatkan kinerja penyuluh
      Jadi metode digunakan adalah menganalisis kinerja (menggunakan kuesioner, analisis data kinerja bulan/pertahun, dsb). Semua informasi yang diperoleh dipakai untuk menyusun strategi dan program untuk meningkatkan kinerja penyuluh menggunakan SWOT. Mudah-mudahan bermanfaat.

  9. Anggara Jati

    asalamu’alaikum pak freedy. saya angga mahasiswa tingkat akhir yang kebetulan menulis judul skripsi “ANALISIS STRATEGI PEMASARAN GUNA MEMPERTAHANKAN PELANGGAN”. disini yang ingin saya tanyakan adalah apa bisa saya mengambil responden dari pihak internal perusahaan dan juga pihak pelanggan sekaligus untuk menentukan pembobotan dengan menyebar kuisioner menggunakan tehnik pair comparisson (perbandingan), ataukah cuma pihak internal saja yang saya berikan kuisioner dengan tehnik ini ? terima kasih sebelumnya.

  10. riska yuanggriani

    assalamualaikum pak freddy saya riska mahasiswi tingkat akhir manajemen pemasaran yang kebetulan mengambil judul ANALISIS SWOT UNTUK MENENTUKAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN saya mau brtanya terkait penyebaran kuesioner itu sebaiknya di tujukan kepada pihak perusahaan atau dri pihak konsumen pak.
    trima kasih

  11. Assalamualaikum pak freddy. Saya Ardhan mahasiswa tingkat akhir pak. Saya mengambil judul STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN BERBASIS SWOT. Saya mau membagikan kuesioner kepada responden pak, tetapi banyak responden yang bingung memberikan penilaian bobot yang tidak boleh melebihi 1,00. Apakah ada cara untuk menentukan penilaian bobot ya pak?
    Terima kasih

    • Caranya adalah:
      1. Beri nilai 1 s/d 5 (1 = tidak penting sampai dengan 5 sangat penting)
      2. Hasilnya di konversi ke dalam skala 100% atau 1
      Cara mengkonversi menjadi nilai 1, saya jelaskan di buku SWOT yang terbaru.
      Mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s