Sinergi Antara SWOT & Balanced Scorecard

Balanced Scorecard terus mengalami perkembangan dan penyempurnaan. Saat ini Balanced Scorecard sudah berkembang dan mengalami evolusi dari hanya sekedar cara untuk melakukan evaluasi kinerja. Kemudian disempurnakan menjadi metode yang dapat dipakai dalam system manajemen dalam membangun proses learning organisasi. Selanjutnya terus dikembangkan sehingga dapat dipakai sebagai alat untuk merumuskan strategi dan melakukan perubahaan. Terakhir Balanced Scorecard semakin populer karena telah diintegrasikan dengan berbagai metode strategi bisnis yang terbukti dapat meningkatkan kinerja perusahaan secara signifikan.

Kegagalan selama ini yang sering terjadi pada perusahan yang menerapkan Balanced Scorecard secara setengah – setengah  adalah:

  1. Program disusun tanpa mempertimbangkan strategi.
  2. Anggaran setiap tahun disusun tanpa mempertimbangkan program yang dilandasi strategi yang tepat.

Jadi Balanced Scorecard saat ini sudah mengintegrasikan seluruh system pengukuran kinerja yang bersifat operasional, sehingga menjadi system strategi manajemen mulai dari strategic formulation sampai dengan implementasi operasional kegiatan setiap individu untuk mencapai tujuan perusahaan.

Balanced Scorecard dengan demikian menjadi semakin bertambah powerful, yaitu dengan mengintegrasikan Model Analisis SWOT, Manajemen Risiko, Budaya Organisasi serta berbagai model strategic bisnis lainnya, sehingga Balanced Scorecard  ini dapat dipakai untuk mengelola kinerja dengan mempertimbangkan factor strategi dan risiko secara tepat.

Mengelola kinerja dengan mempertimbangkan faktor strategi dan risiko saat ini merupakan keharusan bagi suatu perusahaan, karena dengan mengelola kinerja dengan cara ini perusahaan dapat menggunakan seluruh potensi sumberdaya yang tersedia secara optimal untuk memaksimulkan kekayaan pemilik badan usaha dan menciptakan nilai untuk stakeholeder.

Faktor strategi dan risiko dalam Balanced Scorecard saat ini menjadi penting karena dapat menentukan pola tindakan dalam bentuk program – program terpilih untuk mencapai tujuan tertentu, serta mengukur sejauh mana kemungkinan risiko yang akan muncul dalam kegiatan atau investasi yang akan dilakukan.

Jadi dalam membuat Corporate Strategy yang powerful saat ini, dapat mempergunakan sinergi Analisis SWOT dengan Balanced Scorecard. Sehingga Corporate Strategy yang disusun nantinya dapat dipakai untuk mengelola strategi, mengelola kinerja dan mengelola risiko.

Leave a comment

Filed under Cara Mudah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s