Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis

Keberhasilan suatu strategi yang telah ditentukan sangat tergantung pada seberapa besar strategi tersebut sesuai dengan perubahan lingkungan, persaingan, dan situasi organisasi. Buku yang membahas secara komprehensif teknik membedah kasus bisnis dengan menggunakan analisis SWOT ini sangat berguna untuk mengatasi masalah tersebut.

Dalam buku ini, langkah itu dimulai dengan analisis lingkungan eksternal perusahaan untuk mengidentifikasi faktor – faktor peluang dan ancaman, serta analisis lingkungan internal perusahaan untuk mengetahui faktor – faktor kekuatan dan kelemahan perusahaan. Langkah tersebut kemudian dilanjutkan dengan penggunaan model – model perencanaa strategis, seperti BCG Matrix, GE Matrix, Space Matrix, Internal – Eksternal Matrix dan Grand Strategy Matrix. Tujuan semua analisis itu adalah untuk menyusun strategi – strategi yang dapat diterapkan dalam menghadapi persaingan bisnis saat ini.

Kekuatan buku ini terletak pada pendekatan praktis dengan memberikan sebanyak mungkin contoh kasus riil di bidang bisnis berikut pembahasannya. Mereka yang akan memetik banyak manfaat dari buku ini antara lain adalah para Dewan Direksi, Corporate Secretary maupun para manajer fungsional perusahaan, para mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen dan Magister Manajemen, para konsultan bisnis, serta para praktisi dan peminat di bidang perencanaan strategis, baik yang bekerja pada perusahaan jasa maupun manufaktur.

Penerbit Gramedia Pustaka Utama

5 responses to “Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis

  1. selamat pagi pak, sya ingin bertanya .. pak saat ini saya sedang mengajukan proposal penelitian PPs saya, proposal saya berjudul strategi pemasaran Usaha mikro kecil menengah di SulSel, pertanyaan saya apakah cocok jika di analisis dengan metode SWOT dan AHP, mohon saran dari bapak , terimakasih pak..

  2. chairulimam

    Selamat pagi,pak..saya mahasiswa S1 dr Universitas Hasanuddin,saat ini sy sedang menyusun skripsi mengenai “analysis strategi pengembangan pelabuhan utama di Koridor Sulawesi” metode yang sy pakai SWOT-AHP, apa bisa seperti itu pak? trus apa buku bapak dijual di makassar?? terima kasih.

    • Dear Pak Chairulimam, terimakasih pertanyaaannya. Metode SWOT bisa digabung dengan AHP. Metode SWOT untuk penyusunan strategic formulation sedangkan Metode AHP untuk penentuan rangking prioritas. Buku Analisis SWOT Insya Allah ada diseluruh Indonesia termasuk di Makasar.

  3. Terimakasih Novi emailnya,
    Menurut saya, untuk menyusun strategi promosi dengan menggunakan metode SWOT, caranya adalah:
    1. Buat analisis SWOT dengan unit analisis pada bagian marketing. Jadi analisis kekuatan dan kelemahan, peluang dan ancaman, yang dilakukan khusus pada bagian marketing.
    2. Berdasarkan analisis ini, disusun strategic formulation untuk bagian marketing.
    3. Pilih prioritas strategi khusus yang mendukung kegiatan promosi untuk meningkatkan penjualan
    4. Susun action plan atau program – program promosi yang dapat meningkatkan penjualan, seperti: siapa yang bertanggung jawab, kapan program tersebut dilaksanakan, tolok ukur keberhasilan program tersebut atau KPI, berapa budgetnya, target, dan sebagainya.
    Mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s