Proses Cara Membuat SWOT Balanced Scorecard

Proses cara membuat SWOT Balanced Scorecard dimulai dengan melakukan Analisis SWOT (Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman), kalau di Indonesiakan jadi “KEKEPAN” he he he,  yaitu dengan menganalisis semua faktor eksternal dan faktor internal yang mempengaruhi bisnis kita. Kalau faktor tersebut tidak dapat kita kendalikan, maka indikator tersebut masuk dalam faktor eksternal. Contohnya: “Akibat kenaikan harga, daya beli konsumen menurun”. Jadi disini ada dua indikator yang dapat dimasukkan dalam faktor eksternal. Pertama adalah “Kenaikan harga” dan Kedua adalah “Daya beli menurun”. Kalau kenaikan harga tersebut mengancam bisnis kita, maka indikator kenaikan harga masuk dalam faktor ancaman. Sebaliknya kalau indikator eksternal tersebut membantu binis kita, maka dimasukkan dalam faktor peluang. Begitu juga indikator “Daya beli menurun”. Indikator ini dimasukkan dalam faktor ancaman. Dari semua faktor – faktor eksternal dan internal tersebut, cari minimal 5 sampai 10 indikator dominan yang paling mempengaruhi bisnis kita (baik pengaruh positif maupun pengaruh negatif). Jadi kita punya: masing – masing 5 sampai 10 indikator pada faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman.

Dalam kegiatan Analisis SWOT ini kita juga perlu mengidentifikasi isu strategis apa saja yang akan mengancam bisnis kita. Isu strategis adalah masalah – masalah yang sedang dan akan muncul baik dalam jangka pendek maupun menengah yang akan mempengaruhi bisnis kita.

Selanjutnya masing – masing indikator tersebut dihubungkan. Tujuannya adalah untuk membuat formulasi strategi. Gabungan antara kekuatan dengan peluang, menjadi SO Strategi. Maknanya adalah menggunakan seluruh kekuatan untuk merebut peluang. Gabungan antara Kekuatan dengan Ancaman, menjadi ST Strategi. Maknanya adalah menggunakan seluruh kekuatan untuk menghadapi ancaman. Gabungan antara kelemahan dengan peluang menjadi WO Strategi. Maknanya adalah meminimalkan kelemahan untuk merebut peluang. Terakhir, gabungan antara kelemahan dengan ancaman menjadi WT Strategi. Maknanya adalah meminimalkan kelemahan untuk menghindari ancaman.

Setelah kita memiliki formulasi strategi, tahap berikutnya adalah mencari prioritas strategi. Dari sekian banyak strategi – strategi yang sudah kita formulasikan tersebut di atas, kita pilih mana yang paling penting harus dilakukan sehingga dapat menjawab isu strategis yang sudah kita identifikasi sebelumnya.

Selanjutnya,.. jangan kemana – mana.. pembahasan akan dilanjutkan berikutnya..

Agar kita memperoleh gambaran yang utuh untuk proses membuat SWOT Balanced Scorecard ini diagramnya:

About these ads

Leave a comment

Filed under Cara Mudah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s